kurt

Masih ingat Tabloid Charlie Hebdo yang sangat dibenci oleh umat muslim di dunia? Ya Kartu bergambar Nabi Muhammad terpampang di dalam tabloid asal Prancis ini. Kurt Westergaard menjadi kartunis yang membuat gambar kontroversi tersebut. Kartun buatan Westergaard yang dicetak ulang ini memicu serangan teroris yang pada akhirnya menewaskan 12 orang.

Kartunis asal Denmark yang melalui karyanya ini membuat marah umat muslim di dunia, meninggal dunia pada 20 Juli 2021 di usia 86 tahun. Dia beberapa kali menggambar Nabi Muhammad untuk cemoohan dan “memainkan” umat Islam di sejumlah negara.

Sosok Westergaarrd mulai dikenal publik pada September 2005 saat ia menggambar 12 karikatur Nabi Muhammad, sesuatu yang sangat dilarang dalam ajaran islam. Bahkan dalam kartunnya ia memasukkan unsur ejekan dan cemooh untuk Nabi Muhammad, dan memojokkan sosok nabi terakhir dalam agama Islam itu dengan asosiasi gambar lelaki berjanggut dan memiliki bom di balik turbannya, lengkap dengan inisial nama Muhammad.

Aki Unjuk Rasa Menentang Penayangan Kartun Nabi Muhamad di Tabloid Charlie Hebdo

Dalam ajaran agama islam, melukis atau menggambar Nabi Muhammad sangat dilarang apalagi mengolok-olok dan mencemoohnya. Perbuatan Westergaard membuatnya terpaksa tinggal dengan perlindungan polisi di sekitar rumahnya sejak 2005 hingga ajal menjemput, dan ia terpaksa berpindah tempat tinggal beberapa kali.

Pada 2009 kartunis ini hampir meninggal saat ada seseorang yang berhasil menerobos rumahnya di Kota Aarhus, Denmark dengan membawa sebilah kapak. Beruntung saat itu sang kartunis mengunci diri di kamar mandi, sampai polisi datang dan berhasil meringkus penyerangnya.

Unjuk rasa pada 2005 pun pecah di sejumlah negara mayoritas muslim. Belasan kedutaan besar Denmark dibakar dan diserang massa. Ibu Kota Copenhagen membara, ribuan orang menggelar aksi dan demonstrasi dengan mengecam Westergaard dan Jyllands-Posten (Surat Kabar yang menerbitkan karikator Westergaard pada 30 September 2005).

Imbasnya pada Januari 2015, organisasi teroris Al-Qaeda mengaku bertanggung jawab atas serangan ke kantor redaksi Charlie Hebdo di Ibu kota Paris yang menyebabkan sebanyak 12 orang karyawan tabloid itu tewas dan 11 orang lainnya luka-luka. Ini manjadi salah satu serangan teroris terbesar yang terjadi di Negara berpenduduk muslim terbesar di Erop.

Meskipun akibat karya kontroversinya ini menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan materi, namun Westergaard mengaku tidak menyesal menggambar sosok panutan bagi umat islam.

“Saya mungkin akan tetap menggambar kartun macam itu, cepat atau lambat. Berkati kartun saya, makin banyak seniman lain yang membahasa tema Islam secara lebih terbuka”

Westergaard (Wawancara Reuters tahun 2008)

Sebelum meninggal dunia, Westergaard tinggal di sebuah lokasi rahasia di Denmark. Menurut keluarga kartunis kontroversi ini meninggal akibat berbagai komplikasi penyakit yang ia derita.

    #