Foto pelatihan anjing. Foto: Pixabay

Siapa sangka jika anjing bisa dilatih untuk mencium Virus Corona. Medical Detection Dogs di Inggris menguji kemampuan penciuman anjing untuk mendeteksi Virus Corona. Uji coba tersebut dilakukan bekerja sama dengan Durham University dan London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM).

CEO Medical Detection Dogs, Dr Claire Guest, dalam laman Fox, Senin 30 Maret 2020, meyakini bahwa anjing dapat mendeteksi Covid-19.

“Kami sekarang sedang mencari tahu bagaimana dapat menangkap ‘bau’ virus corona dari pasien yang terinfeksi, kemudian menunjukkannya kepada anjing,” katanya.

Menurut Guest, jika anjing dapat mendeteksi virus corona dapat membantu pihak berwenang terkait penyebaran Covid-19.

Selain itu, dia berharap hasil pengujian itu dapat pasien yang terinfeksi, terutama mereka yang berusia dan pasien dengan penyakit penyerta agar pulih lebih cepat.

Sementara itu New York Post melaporkan, Medical Detection Dogs terbiasa melatih anjing mengenali pasien malaria, kanker, dan Parkinson. Hal itu disebabkan setiap penyakit memiliki aroma tersendiri.

Bahkan Kepala Departemen Pengendalian Penyakit LSHTM, James Logan mengatakan membuktikan bahwa anjing mampu mencium bau infeksi malaria. Tak hanya itu, tingkat akurasinya bahkan sesuai dengan standar diagnostik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut Guest, anjing melalui penciumannya dapat mendeteksi perubahan paling minim dalam suhu kulit seperti demam. Para ahli juga meyakini bahwa anjing dapat mengendus kesamaan bau virus corona dari pasien yang terinfeksi. Nantinya, hasil penciuman anjing itu akan dicocokkan dengan hasil tes Covid-19 dari laboratorium terkait tingkat akurasinya.

#