Perusahaan perangkat lunak Microsoft. Foto: pixabay

Perusahaan berbasis perangkat lunak Microsoft memprediksi pandemic Virus Corona akan mengubah cara bekerja dan belajar. Selama pandemi virus Corona, orang banyak mengakses video untuk keperluan rapat.

Dilansir dari Theverge, Microsoft telah mencatat durasi video baru yang menggunakan Microsoft Teams tersebut mencapai 2,7 miliar menit pertemuan dalam satu hari.

Permintaan untuk pengguna Microsoft Teams melonjak di seluruh dunia pada bulan lalu dari 32 juta pengguna aktif harian menjadi 44 juta dalam waktu satu minggu. Sementara penggunaan terus meningkat, Microsoft juga merilis laporan kenaikan tren kerja jarak jauh.

Selain itu Microsoft juga menganalisa perubahan cara kerja tim hingga beberapa waktu ke depan. Bahkan, penggunaan panggilan video (video call) di Microsoft Teams meningkat lebih dari 1.000 persen di bulan Maret.

Head Microsoft 365 Jared Spataro, kepada Theverge mengatakan selama penerapan WFH atau Work From Home penjualan webcam dan laptop meningkat. Microsoft melihat tren tersebut merupakan hubungan langsung di antara pengguna.

Menurutnya faktor penggunaan PC sangat besar, karena melalui perangkat itu pengguna dapat melihat data dalam segala format sambil melakukan rapat melalui video.

Selain itu, Microsoft juga tidak melihat orang-orang kembali bekerja seperti biasa dan ada pola baru dalam cara orang bekerja.

Spataro mengatakan, setelah pandemi virus Corona mereda akan ada kebiasaan baru.

“Jika Anda melihat apa yang terjadi di Tiongkok dan apa yang terjadi di Singapura, Anda pada dasarnya berada dalam mesin waktu. Kami tidak melihat orang-orang kembali bekerja dan semuanya tetap sama (seperti saat pandemi),” kata dia.

Microsoft juga mengamati, setelah China mencabut pembatasan wilayah terkait virus Corona, Microsoft masih melihat dua kali lipat jumlah pengguna baru Microsoft Teams setiap hari di negara itu.

Selain itu, jumlah pengguna aktif setiap hari juga terus bertambah dari minggu ke minggu di Tiongkok. Itu merupakan indikator awal tentang bagaimana bagian dunia dapat menyesuaikan diri dengan realitas baru.

#