Presiden Jokowi menyebut telah menerima dan membaca bocoran nama-nama menteri kabinet pemerintahan periode 2019-2024 yang beredar di publik. | Sumber Foto : katadata.co.id

Presiden Joko Widodo menyebut telah menerima dan membaca bocoran nama-nama menteri kabinet pemerintahan periode 2019-2024 yang beredar di publik. Ia tak membenarkan atau mengoreksi bocoran nama tersebut, namun memastikan susunan kabinet pemerintahan periode mendatang sudah rampung.

“Saya telah menerima beberapa versi “bocoran” nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran,” kata Jokowi melalui akun resmi instagram miliknya, Kamis (17/10).

View this post on Instagram

Selamat pagi. Saya telah menerima beberapa versi “bocoran” nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran 😀 Yang jelas, susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya. Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini. Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Ia memastikan susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Susunan kabinet yang baru, menurut beliau, akan segera diumumkan setelah pelantikan presiden dan wakil presiden 2019-2024 pada 20 oktober mendatang.

“Bisa di hari yang sama atau setelahnya,” terang Jokowi.

Jokowi meminta masyarakat tetap bersabar sampai pengumuman daftar para pembantunya di periode kedua ini. Ia juga menyebut bahwa Indonesia saat ini tak kekurangan orang-orang hebat yang mampu memimpin kementerian dan lembaga, serta bersedia mengabdi untuk bangsa.

“Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santir, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menerima mereka,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Beliau menyebut akan ada banyak wajah baru di kabinet periode kedua pemerintahannya. Selain itu, ia juga akan mempertahankan sejumlah menterinya saat ini.

“Yang lama ada, yang baru banyak,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10)

Meski demikian, Jokowi masih enggan menyampaikan sosok-sosok baru yang akan muncul di kabinet periode kedua. Dia juga belum mau menyampaikan siapa saja menteri di kabinet periode 2014-2019 yang dipertahankan. Jokowi pun enggan memberikan bocoran jumlah menteri lama dan baru di periode mendatang.

“Belum dihitung persentasenya,” kata Jokowi. Selain nama menteri, Jokowi mengatakan bakal ada kementerian/lembaga baru di periode keduanya nanti. Menurut dia, nomenklatur untuk kementerian/lembaga baru tersebut sudah disusun.

#