Pengguna internet. Foto: Pixabay

Virus corona yang tengah mewabah di sejumlah negara ternyata membuat lonjakan luar biasa bagi pengguna internet hingga media sosial. Hal itu akibat kebijakan yang diterapkan sejumlah negara termasuk Indonesia berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ataupun lockdown di negara-negara lain.

Hingga minggu pertama bulan April 2020, di Indonesia sejumlah penyedia jasa internet seperti IndiHome dan Biznet mencatat lonjakan lalu lintas data dan pengguna baru.

Lonjakan itu bahkan diketahui sejak diberlakukan work from home dan belajar dari rumah akibat guna memutus penyebaran virus corona.PT Telkom mencatat peningkatan 13 persen pengguna pada malam hari, dan 15 persen peningkatan dibandingkan traffic rata-rata. Lonjakan penonton harian TV Interaktif Indihome menjadi 11 juta orang dari 8 juta.

Sementara itu Biznet juga mencatat peningkatan traffic sekitar 20 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya pada saat jam kerja kantor. Peningkatan jumlah pengguna baru tercatat sebesar 30 persen dibandingkan sebelumnya.

Sementara itu, operator seluler Telkomsel juga mengalami lonjakan yang didominasi oleh bertumbuhnya pengguna aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Paket Ilmupedia, dan Google Classroom.

Kondisi ini diperkuat oleh riset Nielsen juga mengatakan bahwa 80 persen konsumen Indonesia mengakses informasi seputar virus corona melalui media sosial. Sementara mereka yang mengakses berita televisi 77 persen, dan mesin pencari online sebanyak 56 persen.

Selian itu, pengguna aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Line, dan Telegram mengalami kenaikan trafik sebesar 40 persen dan Aplikasi gim online naik sebesar 34 persen.

Sementara itu pada akhir Maret 2020 lalu, hal yang sama juga terjadi di sejumlah negara yang melakukan lockdown. Melansir Tech Crunch, lembaga riset Kantar merilis aktivitas pengguna media sosial terjadi peningkatan lebih dari 25.000 pengguna baru aplikasi pesan instan WhatsApp.

Peningkatan trafik WhatApp itu tercatat sebanyak 40 persen, sementara peningkatan tertinggi terjadi di Spanyol. Secara global peningkatan trafik penggunaan WhatsApp bahkan melonjak menjadi 51 persen di sejumlah negara.

Sementara itu WeChat dan WeiBo juga mengalami peningkatan trafik penggunaan di China. Penggunaan WeChat serta Weibo bahkan meningkat 58 persen.

Sayangnya, meskipun tercatat kenaikan, berdasarkan hasil survei, konsumen tidak mempercayai media sosial terkait informasi virus Corona.

#