Ilustrasi virus corona. Foto: Pixabay

Seorang nenek berusia 102 tahun di Cina berhasil sembuh dari virus corona (COVID-19). Nenek tersebut menjadi salah satu dari 8 orang berusia lebih dari 100 tahun yang terinfeksi virus corona.

Seperti dikutip dari Asiaone, nenek dengan marga Xiong tersebut dilarikan ke rumah sakit pada akhir Februari 2020. Dia didiagnosa telah terinfeksi COVID-19. Hingga pada petengahan Maret 2020, Xiong tidak menunjukkan gejala parah.

Xiong lalu dibawa ke pusat rehabilitasi Rumah Sakit Ruihua di Wuchang, Wuhan, Cina. Di rumah sakit itu Xiong mendapatkan perawatan ekstra karena tekanan darahnya naik, sakit jantung koroner dan tulangnya lemah.

Di pusat rehabilitasi tersebut para perawat telah memperlakukan Xiong seperti nenek buyut mereka. Xiong dirawat oleh dua perawat yakni Liu Yaqi yang berusia sekitar 20 tahun.

Setiap hari pukul 11 pagi, Liu datang membantu Xiong mencuci tangan, kaki dan mengganti popoknya.

Nenek Xiong (102), sembuh dari virus corona. Xiong, 102 tahun, Sumber foto: China Daily/Asia News Network/asiaone.com

“Kami merawat nenek seperti nenek buyut kami. Kami merawat semua kebutuhan sehari-harinya dan mengajaknya berbicara. Dia orang yang lucu dengan perangai yang cerita. Dia kadang bercanda dengan kami,” kata Liu.

Selain itu, Liu juga membantu Xiong menghubungi putra tertuanya. Dia membantu agar bisa melakukan panggilan video agar mengurangi kegelisahan Xiong dan menyemangatinya. Setelah satu bulan dirawat, Xiong kini sudah dalam kondisi sehat.

Sementara itu di Wuhan terdapat 8 orang berusia yang usianya lebih dari 100 tahun yang terkena infeksi virus corona. Tujuh dari mereka sudah sembuh termasuk Xiong. Xiong sendiri adalah nenek tertua di pusat rehabilitasi itu.

Seperti diketahui di Indonesia sebagian besar korban meninggal karena virus corona adalah orang lanjut usia. Seseorang dengan usia 60 tahun tercatat masuk dalam kelompok paling rentan terinfeksi.

Pemerintah juga mengimbau kepada semua keluarga untuk melindungi orang tua dengan cara menjaga jarak

#