Deretan-Artis-Korea-Yang-Meninggal-Akibat-Bunuh-Diri-1280x720

Setelah kepergian Sulli pada 14 Oktober lalu, sahabatnya sendiri Goo Hara menyusul kepergian Sulli pada Minggu (24/11/2019) pukul 18:06 waktu setempat.

Goo Hara ditemukan dalam kondisi meninggal dunia sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Menurut kepolisian Gangnam Seoul, wanita berusia 28 tahun tersebut sudah tidak bernapas ketika ditemukan di rumahnya.

Sebagai publik figur, Goo Hara tak cuma terkenal di Korea Selatan saja, tapi juga di berbagai negara. Apalagi ia juga sempat melebarkan kariernya di dunia hiburan Jepang. Tak heran jika kabar meninggalnya ini menyisakan duka mendalam.

Itu hanya sedikit contoh dari kasus bunuh diri yang terjadi di Korea Selatan. Korea selatan menjadi salah satu negara dengan kasus bunuh diri tertinggi diantara negara-negara maju lainnya. Seperti Jepang, Jerman, Inggris dan Amerika. Tingkat bunuh diri di Korea selatan mencapai 90 orang pada tahun 2016 didiagnosa memiliki gangguan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Penyebab dari mereka melakukan bunuh diri bisa karena bullying, kesepian, dan  tekanan karir. Kasus bunuh diri di Korea Selatan justru dilakukan oleh orang-orang yang berpendidikan, punya jabatan tinggi, serta mereka yang popularitasnya sedang meroket. Termasuk juga para artis dan idol K-pop.

Sedemikian tinggi angka bunuh diri warga Korsel, The Korean Times mencatat, bunuh diri merupakan penyebab kematian nomor empat di Korsel. Data World Economic Forum juga menyebutkan bahwa Korea Selatan merupakan negara anggota APEC, yang penduduknya paling banyak bunuh diri. Pada 2012, tercatat tidak kurang 15.000 kasus bunuh diri. Artinya, setiap hari ditemukan 30-40 kasus bunuh diri!

Penyebab lain dari tingginya bunuh diri di Korea Selatan yaitu:  Pertama, penduduk Korea Selatan sudah terbiasa serba cepat karena hidupnya dikejar oleh waktu.  Keduabullying menjadi hal yang masih banyak ditemukan di Korea Selatan, apalagi pada jenjang sekolah dan kampus. Ketiga,  perlakuan yang tidak menyenangkan sering dialami oleh mereka yang jelek, makanya banyak orang Korea Selatan yang terobsesi dengan kecantikan dan ketampanan, sehingga mereka melakukan operasi plastik walaupun biayanya sangat mahal.

#